Bahaya! Jangan Oleskan Pasta Gigi pada Luka Bakar Anda!

Luka bakar seringkali menyebabkan situasi panik pada orang yang mengalaminya. Ketakutan infeksi berkepanjangan serta rasa takut akan bekas luka menyebabkan banyak orang melakukan tindakan yang tidak semestinya pada luka bakar yang dideritanya. Menurut Dokter Tri Ari Wibowo, tidak semua luka bakar dapat menyebabkan efek yang berbahaya bagi tubuh. Dalam  laman Meetdoctor , ia menyampaikan bahwa luka bakar yang dapat berakibat fatal adalah luka yang mengenai anggota tubuh bergerak, seperti muka dan kemaluan. 

Lalu bagaimana cara mengobati luka bakar di lokasi lain yang tidak berbahaya?Apa pertolongan pertama yang dapat dilakukan??Berkembang mitos medis, bahwa  pasta gigi dapat mengurangi rasa sakit dan menghilangkan bekas luka bakar?

“Hal tersebut hanya mitos. Karena penggunaan bahan bahan kimia seperti pasta gigi atau minyak goreng, justru akan membuat iritasi lebih lanjut dan memperburuk keadaan luka bakar,” ujar sang dokter. 

Menurut Dokter Tri, luka bakar merupakan jenis cedera jaringan yang dapat disebabkan api, bahan kimia, sengatan listrik,  atau bahkan sinar matahari. Tindakan pertolongan pertama yang paling tepat dilakukan untuk menyelamatkan penderita yakni dengan menghentikan penyebab utama terjadinya luka bakar dengan menggunakan selimut, karung basah, atau bahan lain yang dapat mengurangi perluasan area api pada tubuh. Hindarkan mencopot baju korban saat korban masih mengalami luka bakar.

Jadi, mulai sekarang, hindarkan tindakan pertolongan pertama yang dapat mengakibatkan gangguan lebih serius pada korban. Lakukan tindakan seperlunya untuk menyelamatkan nyawa korban.



0 Response to "Bahaya! Jangan Oleskan Pasta Gigi pada Luka Bakar Anda!"

Post a Comment