Cara Memanfaatkan Bungkus Minyak Goreng untuk Polybag Tanaman


Sumber Ilustrasi Gambar  :  google

Sampah adalah masalah yang perlu kita tangani bersama-sama. Diantara berbagai jenis sampah, plastik merupakan penyumbang besar terhadap kerusakan bumi. Plastik bukan berasal dari senyawa biologis, sehingga memiliki sifat sulit terdegradasi. Untuk mengurai sampah plastik diperlukan waktu yang sangat lama, yaitu antara 100 sampai 500 tahun.

Efek dari semakin menggunungnya sampah plastik adalah pencemaran tanah dan air tanah. Efek domino dari pencemaran ini adalah racun yang terkandung dalam plastik dapat membunuh hewan-hewan pengurai tanah seperti cacing. Saat hewan pengurai semakin langka maka akan terjadi gangguan pada rantai makanan dan menurunnya tingkat kesuburan tanah.  Sampah juga menjadi penyebab terjadinya luapan air sungai yang mengakibatkan banjir. Karena itu diperlukan suatu upaya untuk mengurangi sampah berbahan plastik.

Salah satu yang dapat kita lakukan untuk mengurangi volume sampah rumah tangga adalah memanfaatkan bekas bungkus minyak goreng untuk polybag/pot tanaman. Plastik bungkus minyak goreng cukup tebal, sehingga sudah pasti, proses degradasi/penguraian akan memakan waktu lebih panjang daripada bungkus plastik lainnya.

Caranya pemanfaatan bungkus minyak goreng untuk polybag tanaman adalah sebagai berikut:
  1. Cuci bersih bungkus minyak goreng  untuk membersihkan sisa minyak goreng yang masih menempel di plastik
  2. Beri beberapa lubang di dasar dan samping bungkus minya goreng untuk aliran air
  3. Masukkan media tanam (sekam atau tanah yang telah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang)
  4. Tabur benih di atas tanah
  5. Siram rutin pagi dan sore hari
  6. Di tengah masa tanam bisa ditambahkan pupuk cair organik jika diperlukan (1 atau 2 kali selama masa tanam)
Polybag dari bungkus minyak goreng ini cocok untuk menanam bayam, sawi, kangkung, terong, tomat ataupun cabai. Jenis tanaman ini menyukai panas matahari langsung, jadi sebaiknya tempatkan di tempat yang terbuka. Selain mengurangi volume sampah, penggunaan polybag dari bungkus minyak goreng ini akan memberikan hasil nyata berupa sayuran segar organik yang dapat kita olah menjadi hidangan sehat dan lezat untuk keluarga.


Sumber : ummi-online.com

0 Response to "Cara Memanfaatkan Bungkus Minyak Goreng untuk Polybag Tanaman"

Post a Comment