Ini Bahaya yang Tidak Kamu Sadari Karena Sering Bangun Siang

Orangtua sering berceloteh bahwa bangun siang akan menjauhkan kita dari rejeki. Walau begitu, banyak anak muda di masa sekarang seringkali mengabaikan nasehat ini dan memilih tetap bangun di kala matahari sudah tinggi.

Ada berbagai macam alasan kenapa anak muda seringkali memilih untuk bangun siang. Waktu tidur yang tak tentu, begadang di malam hari, atau terkena susah tidur seringkali menjadi alasan bagi mereka untuk bangun siang.


Dari sisi kesehatan, ternyata bangun setelah matahari beranjak tinggi adalah hal yang buruk. Berbagai penelitian sudah dilakukan terkait kebiasaan bangun siang ini diantaranya sebuah penelitian yang dilakukan di Korea. Penelitian ini melibatkan 1,620 partisipan usia 47-59 tahun. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa wanita yang tidur larut malam lalu bangun terlalu siang cenderung mengalami timbunan lemak di perutnya. Sedangkan pria yang sering bangun siang akan memiliki risiko diabetes yang besar.

Nah, masalah ini tentu sangat berbahaya bagi Anda yang sedang berada di usia produktif. Oleh karenanya, pastikan Anda mematuhi jam tidur dan jam bangun Anda. Tidurlah ketika waktu sudah menunjukkan pukul 22.00 dan bangunlah sesuai bunyi alarm Anda. Jangan menekan tombol “tunda” ketika alarm sudah berbunyi. Agar tubuh Anda beradaptasi dan rileks, matikan televisi, handphone, radio dan peralatan elektronik lainnya selambat-lambatnya 30 menit sebelum tidur. Hal ini akan memudahkan tubuh Anda untuk relaksasi dan tenang.

Nah, itu dia tips bagi Anda yang seringkali bermasalah dengan bangun siang. Mudah-mudahan tips ini berguna bagi Anda.


0 Response to "Ini Bahaya yang Tidak Kamu Sadari Karena Sering Bangun Siang"

Post a Comment